AKTIVIS NU HARUS JUNJUNG TINGGI MORALITAS


Malang, Pengurus Anak Cabang GP Ansor Blimbing Kota Malang menggelar acara semiformal bertajuk Ngopi bareng Wong NU Blimbing, di Aula Utama MWCNU Blimbing, Rabu (19/9). Acara bekerjasama dengan Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam) MWCNU Blimbing. 

Dalam putaran pertama ini, forum Ngopi Bareng Wong NU Blimbing mengambil tema besar Menciptakan Generasi Muda NU menjadi Negarawan  Aswaja dan Agamawan NKRI. Acara dibuka KH Nurul Murtadlo selaku wakil Mustasyar MWCNU Blimbing. Ia menyampaikan agar semua kader NU selalu berpegang pada tiga prinsip utama Islam dalam setiap langkah, yakni akidah (keimanan), syariah (rukun Islam) dan akhlak (moralitas).

A'la Jazuli selaku Sekretaris MWCNU Blimbing menyoroti turunnya militansi generasi muda NU di zaman sekarang dibandingkan masa beliau muda dahulu. Bahkan terkadang ada aktivis muda NU yang terkesan menabrak moralitas di lingkungan NU yang selama ini dijunjung tinggi.

"Seperti meremehkan shalat hanya karena sedang ada kegiatan organisasi," katanya.

Ia berharap agar para pemuda NU khususnya Ansor mulai menata lagi program yang sesuai dengan zaman, agar Ansor sebagai salah satu ujung tombak pengkaderan di lingkungan NU kembali berjaya dan menjadi organisasi pilihan pemuda NU.

Sebagai penutup, KH Saifuddin Zuhri selaku Rais Syuriyah MWCNU Blimbing menyampaikan perlunya kader-kader NU mendekat ke masyarakat. Selain iu setiap kader hendaknya memiliki tiga kompetensi dasar agar NU tetep berjalan.

"Ketiganya adalah kompetensi personal, kompetensi professional dan kompetensi sosial," papar Kiai Zuhri.

Acara yang dihadiri kurang lebih 50 orang, baik dari pengurus maupun masyarakat di Blimbing ini dilanjutkan dengan diskusi dan obrolan diselingi dengan joke-joke khas NU ditemani hangatnya kopi dan polo pendem, hidangan khas di lingkungan NU Blimbing. Diharapkan acara ini akan menjadi rutinan tiap bulan di lingkungan NU Blimbing untuk menyerap aspirasi umat dan mengelaborasi potensi anggota NU yang banyak  tersebar namun belum terakomodir.

Direncanakan acara serupa digelar bulan depan di Padepokan Arif, ketua Lembaga Bantuan Hukum NU di wilayah Asrikaton, Pakis Kabupaten Malang.

Sumber: http://www.nu.or.id/